Selasa, Maret 03, 2009

Raman

(Gambar Raman)


Tokoh kali ini, merupakan salah seorang tokoh penting yang menghasilkan penemuan dari penelitian di bidang optik, dimana hasil penemuannya banyak digunakan saat ini di bidang transmisi data melalui kabel optik, baik terrestrial maupun kabel laut, yang terkenal sebagai Penguat Raman (Raman Amplifier).

Tokoh yang memiliki nama lengkap Chandrasekhara Venkata Raman ini, dilahirkan pada tanggal 7 November 1888 di Tiruchirapalli, Tamil Nadu, Selatan India. Ayahnya merupakan seorang pengajar Matematika dan Fisika. Dalam usia awal, Raman pindah ke kota Visakhapatnam, Andhra Pradesh.

Ia kuliah pada tahun 1902 di Perguruan Tinggi Kepresidenan (Presidency College), Madras (kini Chennai ) dan mendapatkan gelar BA pada tahun 1904 dimana ia juga menjadi yang terbaik sehingga meraih medali emas dalam bidang Fisika. Dan 3 tahun kemudian, ia mendapatkan gelar MSc dan kembali meraih kehormatan tertinggi atas prestasinya.

Pada tahun 1907 ia menjadi anggota Pamong Praja India sebagai Asisten Jenderal Akuntan di Calcutta, karena waktu itu karir dalam bidang sains sepertinya bukanlah sebuah pilihan yang tepat. Kendatipun demikian, dalam kesibukan pekerjaannya, Raman menyempatkan diri untuk melakukan eksperimen di IACS (Indian Association for the Cultivation of Science) di Calcutta. Pada tahun yang sama, tepatnya tanggal 6 Mei 1907, Raman menikah dengan Lokasundari Ammal, dan memiliki seorang putra yang bernama Radhakrishnan.

Dan 10 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1917, Raman mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai pegawai pemerintah, waktu itu ia mendapat tawaran dari Universitas Calcutta sebagai guru besar Fisika, hal ini dijalaninya selama sekitar 15 tahun. Dan juga pada saat yang bersamaan ia tetap menyempatkan diri untuk melakukan riset di IACS dimana pada tahun 1919 ia mendapat posisi sebagai Sekretaris Kehormatan. Pada saat-saat inilah yang menjadi era kejayaan karir bagi Raman. Di sinilah pekerjaannya pada optik mendapat pengakuan.

Pada tanggal 28 Februari 1928, melalui percobaannya tentang hamburan atau penyebaran cahaya, Raman menemukan suatu fenomena yang nantinya dikenal sebagai Efek Raman. Hal ini menjadi suatu penemuan penting, karena dapat menjelaskan sekaligus membuktikan sifat quantum alami cahaya. Penemuan ini membantunya memenangkan hadiah Nobel Fisika pada tahun 1930. Selain itu, spektroskopi Raman yang berdasarkan pada efeknya juga dinamai menurut namanya.

Merupakan pertama kali dimana seorang pelajar India yang belajar sama sekali di India menerima Hadiah Nobel. Ia juga menjadi orang Asia pertama yang menerima penghargaan tersebut dalam bidang Sains.


(Gambar Raman Diabadikan Dalam Perangko)


Penemuannya banyak dimanfaatkan tidak hanya dalam bidang telekomunikasi, namun juga medis. Selain kontribusi ilmiah di bidang sains optik, ia juga memberikan kontribusi di bidang akustik instrumen musik. Pada tahun 1934, Raman menjadi pemimpin Institut Ilmiah India, Bengaluru dan pada tahun 1948, ia mendirikan Lembaga Penyelidikan Raman. Ia diberi gelar kebangsawanan pada tahun 1929 dan dihadiahi penghargaan Bharat Ratna (penghargaan tertinggi di India) pada tahun 1954 dan pada 1957 ia dianugerahi penghargaan Lenin Peace Prize. Raman merupakan paman dari pemenang Hadiah Nobel Fisika Subramanyan Chandrasekhar. Raman meninggal dunia pada tahun 1970 di Bangalore pada usia 82 tahun.


Daftar Bacaan
nobel prize
wikipedia