Rabu, April 08, 2009

Sereh

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau tanaman ini sebenarnya adalah tanaman asli dari Sri Lanka. Di tempat asalnya, sebagaimana di Indonesia tanaman ini dapat tumbuh secara alami ataupun ditanam pada ketinggian antara 50 hingga 2700 m di atas permukaan laut. Dengan kondisi lingkungan yang lembab, cukup sinar matahari serta dengan curah hujan yang tinggi.


(Gambar Tanaman Sereh)


Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman rumput-rumputan yang menyerupai ilalang. Dengan nama latin Cymbopogon nardus, yang juga disebut new citronella grass, atau dengan nama lokal serai/sereh, telah dimanfaatkan secara luas untuk berbagai macam manfaat. Selain sebagai tanaman obat, tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu masakan serta digunakan dalam industri sebagai bahan dasar parfum. Memang salah satu ciri khas tanaman ini adalah memiliki bau harum yang khas.

Sebagai tanaman obat, berbagai bagian tanaman ini dapat digunakan, misalnya bagian akar yang digunakan sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak / obat batuk, bahan untuk kumur, dan penghangat badan. Bagian daun digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai pewangi alami, untuk mencegah gigitan nyamuk atau gigitan lintah, dan apabila digunakan untuk mandi, dapat mengurangi rasa pegal atau lelah.


(Gambar Pembersihan Batang Sereh)

Sebagai tanaman yang mengandung minyak atsiri, sereh sangat bernilai ekonomis. Minyak atsiri sendiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan, sulingan minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi. Dan saat ini juga banyak produk olahan modern yang menggunakan sereh sebagai bahan baku utama misalnya saja sabun.

Dan tentu saja dalam skala rumah tangga, sereh juga dimanfaatkan sebagai pengharum makanan yang menjadikan masakan lebih lezat. Terdapat banyak resep makanan tradisional Indonesia yang memanfaatkan sereh sebagai salah satu bumbunya. Dan tidak hanya makanan saja, suatu minuman tradisional yang disebut Sekoteng juga kerap menggunakan sereh sebagai salah satu bahan ramuannya, yang menghasilkan tidak saja minuman yang nikmat namun juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan.


(Gambar Batang Sereh)


Dengan segudang manfaat di atas, alangkah baiknya bila tanaman ini ditanam di pekarangan rumah kita. Selain perawatannya tidak sulit dan tidak memakan waktu, tanaman ini juga mudah dikembangbiakkan, cukup dengan cara stek atau menanam tanaman anakan, maka dengan siraman air yang teratur, dalam beberapa hari tanaman ini akan tumbuh dengan suburnya. Dan bila anda sedikit kreatif untuk merawat dan mengatur posisi tumbuhnya, bukan tidak mungkin tanaman ini juga bermanfaat sebagai salah satu tanaman penghias kebun di rumah anda. Sudahkah tanaman ini menjadi salah satu koleksi di kebun anda???


Daftar Bacaan:
iptek.net
wikipedia